Process Maping di Perusahaan Trapesium (Printing and Advertising)

Screen Shot 2015-12-28 at 8.47.34 PM

Terdapat 4 pengkategorian process mapping dalam proses bisnis printing yang terdapat pada usaha Trapesium, dimana kategorinya adalah sebagai berikut:

  • Proses Strategis
    Sebuah proses bisnis yang digunakan untuk menyampaikan know-how dalam bentuk produk, jasa, dan hasil lain yang memiliki nilai tinggi kepada customer dan stakeholder. Pada proses strategis didalamnya terdapat informasi pasar, perencanaan strategi, pengembangan bisnis, riset dan strategi teknologi, dan pengembangan support system.
  • Proses Inti
    Proses yang secara langsung memengaruhi produk atau layanan yang dihasilkan oleh perusahaan. Pada proses inti terdapat beberapa faktor krusial yang berpengaruh terhadap keberlangsungan atau keberhasilan usaha printing di Trapesium, yaitu bagian Marketing & Sales yang meliputi dua faktor yaitu market communication dan sales. Lalu ada bagian customer relations terbagi menjadi dua faktor, yaitu direct customer relations dan indirect customer relations. Faktor- faktor penting lainnya yaitu perumusan tarif harga, penempatan lokasi usaha, pengelolaan biaya, dan kejelasan dari tahapan proses bisnis itu sendiri.
  • Proses Pendukung
    Proses yang berperan dalam mengarahkan atau meningkatkan proses yang ada di dalam proses inti. Pada proses pendukung didalamnya terdapat manajemen informasi, manajemen program, perencanaan dan kontrol keuangan, dan manajemen fasilitas serta kantor.
  • Manajemen Layanan

Beberapa proses yang menunjang pengaturan atau pengelolaan terhadap layanan yang tersedia di perusahaan. Pada proses manejemen dari layanan printing didalamnya terdapat definisi layanan, pengembangan layanan, manajemen in-live service ̧ dan technical support.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *